Jumat, 30 Januari 2015

Menemukan sesuatu yang tepat itu butuh usaha



Baiklah, saat mengerjakan aktivitas menulis ini saya sedang merasa gembira, bahagia, dan sejahtera. Gembira dan bahagia karena saya berhasil menemukan baju (baca: template) baru untuk blog ini, sejahtera karena tidak ada hubungannya sebenarnya. Hehe. 

Judul di atas sebenarnya agak "menipu" karena, pada kenyataannya, mencari template, terlebih yang gratis, itu susah-susah gampang. Kenapa? karena banyak hal: kesuaian tulisan di blog dengan template, paduan warna antara background dan font template, besar font, dan sebagainya yang bisa saya sebutkan satu per satu. Tidak. Nah, saya punya sedikit saran yang barangkali bisa dipertimbangkan sebelum "memasang" template pada blog. Oya, perlu saya sampaikan sebelumnya bahwa saya bukanlah seorang ahli coding. Saran berikut adalah murni berasal dari pengalaman pribadi. Monggo disimak. 

1. Tentukan tujuan pemasangan template
Bagi seorang penulis yang ingin tulisannya menjadi "titik-berat" dalam blognya maka sudah semestinya mencari template yang mendukung tujuan tersebut. Misalnya, template tersebut memiliki ukuran font yang cukup besar sehingga memberi kemudahan untuk dibaca. Bagi seorang yang ingin memamerkan hasil jepretannya bisa memilih template dengan fitur-fitur yang mendukung juga. Pada saat melakukan pencarian, saya menemukan cukup banyak template dengan peruntukkan yang seperti itu.

2. Lakukan Trial and Error
Istilah di atas mungkin kurang tepat untuk penjelasan yang akan diberikan berikut. Trial and Error yang saya maksud adalah mencoba terlebih dahulu template yang ditemukan sebelum benar-benar yakin akan dipasang pada blog. Percobaan tersebut, terlebih dahulu, dapat dilakukan dengan cara melakukan pratinjau (preview) dari "demo" yang biasanya sudah tersedia. Setelah merasa cocok dengan pratinjau tadi, lakukan pratinjau untuk kedua kalinya pada blog untuk melihat kecocokan antara template dan konten blog. Jangan patah semangat jika belum menemukan template yang sesuai. Sekedar info, saya baru menemukan template yang benar-benar cocok setelah semalaman mencari.

3. Cari yang terbaik
Salah satu tujuan penulisan atau penyajian konten lain dalam blog, selain untuk kenyamanan, adalah untuk memberikan konten yang berkualitas dan kualitas tersebut dapat terdukung dengan template yang sesuai sehingga mencari template yang terbaik menjadi penting. Dalam bahasa marketing, mungkin hal inilah yang disebut dengan packaging (pengemasan). Konten yang berkualitas menjadi lebih menarik dengan adanya template yang menarik pula.

Demikianlah pelajaran berharga di  atas yang dapat saya sampaikan. Semoga membantu. Oya, salah satu laman yang menyediakan template gratis dengan variasi beragam dapat ditemukan di mari. Selamat berburu! :D

0 komentar:

Posting Komentar