Senin, 26 Januari 2015

Tes IELTS

Mengerjakan tes IELTS


Masih tergambar jelas dalam ingatan saya, waktu itu hari Sabtu 14 Desember 2014 saya memakai kemeja kota-kotak biru, blue jeans, dan sepatu kets. Hari itu merupakan hari yang penting karena kemampuan bahasa Inggris saya akan diuji dalam tes IELTS. Pukul 07.00 saya berangkat ke lokasi tes di Jl. Simanjuntak, Yk, bersama seorang teman yang luar biasa. Mengapa pagi sekali? Panitia tes lah yang meminta kami, peserta tes, untuk hadir jam 07.30.

Pada awalnya, saya pikir tes akan segera dimulai, tapi ternyata baru dimulai pada pukul 09.30. Ada apa gerangan? Ternyata masih ada yang harus dilakukan peserta tes, yaitu pengambilan gambar dan finger-print¬. Oya, pada saat dilakukan kedua hal tadi, peserta akan dikumpulkan di satu tempat dan diberi nomor peserta yang harus dijaga. Lainnya adalah seputar teknis pelaksanaan tes yang membutuhkan perhatian ekstra karena penguji yang membacakan aturan sangat disiplin dalam menyampaikan aturan tersebut.

Tibalah saat mengerjakan. Ruangannya sangat dingin tetapi kualitas sound sangat baik sehingga dapat terdengar dengan jelas. Oya, sesi listening dikerjakan dengan cukup baik dan dengan sedikit gugup. Saran saya, kerjakanlah dengan se¬-rileks mungkin. Reading sesuai dengan yang saya prediksi selama ini, masih susah untuk dikerjakan karena banyak kata-kata yang tidak saya ketahui artinya. Setelah itu, saya melakukan kesalahan kecil yang berdampak besar pada sesi Reading. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa sesi Writing terbagi ke dalam dua tugas, yaitu task 1 dan task 2. Saya lupa bahwa dalam sesi ini tidak ada  pemberitahuan untuk pergantian task, maka terjebaklah saya sehingga hasilnya kurang maksimal. Speaking saya lakukan dengan cukup baik.
Hal yang saya pelajari dari pengerjaan tes ini adalah bahwa persiapan, baik dengan latihan maupun lainnya, sebelum mengerjakan tes ini mutlak diperlukan karena akan memberikan bantuan baik secara kasat mata maupun tidak. Hehe. Serius.

3 komentar:

  1. Balasan
    1. IELTS itu kependekan dari International English Test System, bro. Sori, habis ini aku edit biar artikelnya lebih jelas lagi. Makasih, bro!

      Hapus
    2. Oke broo,.
      Semoga testnya berhasil bro...
      Sukses brooooo....

      Hapus