Rabu, 21 Januari 2015

Hari-H Pelaksanaan Tes IELTS


Fokus mengerjakan tes IELTS


Saya belajar satu hal penting dari tes IELTS: sebanyak apapun kamu berlatih, sepintar apapun kamu dalam bahasa Inggris, semuanya akan menghilang jika kamu nervous. Ya, gugup adalah salah satu faktor yang memberikan andil bagi ketidakfokusan dalam pengerjaan tes. Tulisan ini tidak bertujuan untuk mencari kambing hitam, tetapi untuk mencari tahu cara menghilangkan gugup tersebut.

Setelah mengerjakan seluruh tes dalam IELTS, saya mencoba menerka-nerka sebab kegugupan yang muncul waktu itu. Sejauh ini, saya mendapati bahwa gugup tersebut muncul karena saya tidak banyak berlatih sehingga, pada saat pelaksanaan tes, saya tidak cukup percaya diri dan berujung pada gugup tadi. Ya, sejatinya rasa gugup tersebut disebabkan karena diri kita tidak percaya diri. Oleh karenanya, kita perlu mencari cara agar, paling tidak, kegugupan tersebut bisa berkurang, lebih-lebih tidak gugup sama sekali. Salah satu cara yang paling masuk akal, menurut saya, adalah dengan banyak berlatih.

Oya, hal-hal yang perlu dipersiapkan pada hari-H pengerjaan tes adalah Identitas yang kita gunakan saat mendaftar tes (paspor atau KTP) dan, untuk jaga-jaga, bukti pembayaran pendaftaran. Biasanya, peserta akan diminta datang satu jam sebelum pelaksaan tes (jam 07.30 atau 08.00) karena, sebelum tes benar-benar dimulai, akan diadakan pendaftaran ulang peserta yang meliputi finger-print dan pengambilan foto. Setelah kedua hal tersebut selesai dilakukan bagi seluruh peserta, tes siap dilaksanakan..

0 komentar:

Posting Komentar